Kamis, 27 Mei 2010

karena negaraku adalah indonesia

"Indonesiaku Bukan Indonesia-Indonesiaan"

apa coba yang terlintas di otak kita saat kata2 diatas terucap??
mmm... jujur saya nge-blank.. hahaha..MySpace

niatnya sih pingin ikut kompetisi blog yang diaadain blog.machung.ac.id, tapi ga punya ide apa2..

"hahah... nekat lo, ide aja belum ada,...mana bisa menang!!"

yee... biarin yang penting usaha dulu...
mmmm.... *mikir tiga hari tiga malem*
ahaaa....MySpace
cerita tentang jaman2 es-em-a saya dulu aja, tentang kisah berkesan saat es-em-a tepatnya...

"woi...woi... ini kan kompetisi blog, bukan curhat...!!"

iye gw tau... tapi lagi ngeblank bgt nih, ga ada bahan lagi yang kepikiran,.. ya udahh.. tenang aja deh lo... baca aja... mudah2an bermanfaat n' nyambung sama temanya...MySpace
gini yah, kita mulai aja ceritanya,,,
jaman saya sma dulu tepatnya dari taun 2001-2004, saya diterima disebuah sma suwasta di padang "sumatra barat".. namanya sma adabiah..MySpace
dari kelas satu ampe kelas tiga saya punya satu kesan special sama seorang guru.. sebut saja namanya ibu asri *bukan nama sebenarnya*, cuma untuk menjaga privasi aja, soalnya dalam penulisan ini saya belum ijin dengan beliau...

yang saya salut dari ibu asri adalah tekat, kemauan dan rasa cintannya kepada kami..
beliau rela mengorbankan waktu dan tenagannya..
beliau rela mengajar kami dengan tekun walaupun kami sangat bandel plus nyusahin dikelas..

ibu asri mengajar bahasa inggris untuk kelas 3 ipa...
saya tau perekonomian beliau tidak terlalu mampu, beliau hanya tinggal di rumah kecil sederhana dibelakang komplek sekolah,. tetapi hal itu tidak pernah meruntuhkan semangat beliau..
setiap pagi saat bel sekolah berbunyi... beliau berjalan dengan mantap melalui jalan2 setapak yang becek dibelakang sekolah, saya yakin dalam hatinya beliau berkata "hari saya akan mendidik calon generasi penerus bangsa"..
selalu dengan senyuman kecil beliau memulai pelajaran, dan berkata "good morning class"...
serempak kami yang rusuh2 + heboh ga jelas menjawab.. "good morning ms.asri...!!!"

pernah suatu saat saya tidak bisa menjawab pertanyaan dari beliau..
beliau tidak pernah menghukum, jewel, setrap *berdiri didepan kelas*, ato ngata2in "betapa bodohnya kamu!!", "kamu itu makannya apa sih?? kok blo'on bgt!!", "saya ga sanggup mengajar kamu lagi..."
tetapi dengan santun beliau hanya berkata...
"kamu itu sebenarnya bisa, tapi cuma kurang belajar aja, besok belajar lebih tekun ya.."
sumpaaaahhh.... dengar kata2 itu kita para muridnya atau saya pribadi deh, merasa malu bgt sama diri sendiri,.MySpace

"kenapa lo mesti malu, orang lo emang bego??"

ya malu lah karena merasa pengorbanan bu asri yang telah susah payah dari rumahnya pagi tadi, meninggalkan keluarganya, anak2nya, cucian, masakan,.. cuma demi mengajar saya, tapi malah saya'nya ga serius belajar...

"ya biasa aja kali namanya juga guru, ya emang tugasnya itu.."

lo mikir ga sih, tugasnya murid apa?? belajar kan?? nah kalo gurunya udah niat plus ikhlas bgt buat ngajar, tapi si muridnya males2an ga jelas,.. gmn bisa ok tuh.. ga ada timbal baliknya cuy..MySpace

bayangin aja buk asri itu ga pernah bolos dateng ngajar, mau hujan, badai, petir, bahkan banjir yang menggenangi rumahnya dibelakang sekolah, beliau tetap datang mengajar... walaupun beliau lagi ga enak badan, flu, demam,batuk, meriang... apa aja deh,.. beliau memang satu2nya guru yang menurut saya selalu konsisten dengan niat dan tujuan untuk mendidik kita menjadi calon penerus bangsa yang handal..
hal ini lah yang membuat saya sadar bahwa buk asri adalah sosok guru yang ideal..

"guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa"


sesuai bgt sama kata2 diatas... guru memang pahlawan yang jasanya tidak akan bisa diukur bahkan dengan pasir yang ada di pantai...

"ahhh.. dasar lebay lo...."

ga lebay cuy, lo bayangin aja... kalo dari kecil ampe sekarang yang didik lo berhitung, membaca, menulis ampe bisa pinter n' jadi mahasiswa UGM yang ganteng menawan dan mempesona *yang ini ngarang kok*MySpace kyk sekarang siapa?? ya guru kan....

dan sampe sekarang selalu kata2 buk asri "kamu itu sebenarnya bisa, tapi cuma kurang belajar aja, besok coba belajar lebih tekun ya.." yang mendorong saya untuk usaha dan terus berusaha jika terbentur kendala atau masalah dalam pelajaran...

TERIMAKASIH buk asri...

****

"woi...woi... mana hubungannya sama tema kompetisi blognya???"
ya saya ga tau juga yang bagian mana...MySpace

yang saya cuma mau tekankan buk asri adalah seorang sosok yang membuktikan bahwa di indonesia masih banyak orang2 yang tulus dan ikhlas mengabdi tanpa mengharapkan hal yang aneh2... 
itu karena "Indonesiaku Bukan Indonesia-Indonesiaan"....


by. muhamad.akbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar