Selasa, 22 Desember 2009

tipe "Bloger " diliat dari blognya

apa sih arti blog buat lo??

nah lho? pernah ga sih mikir gt???
sebenarnya tipe(tabiat) seorang bloger dapat dilihat dari blog yang di tulisnya. kok bisa?? hayuk kita coba membahas lebih lanjut tentang masalah ini..
*sok paham mode ON..:D

Menulis adalah satu kata yang tidak dapat dipisahkan dari seorang blogger. Tidak akan pernah ada sebuah blog jika tidak ada yang mengetik kata demi kata hingga menjadi sebuah artikel yang dapat dibaca oleh semua orang.
Kebanyakan blogger mungkin mengira bahwa menulis adalah satu-satunya keahlian yang mereka miliki. Namun saya mencatat ada beberapa nilai lebih yang dimiliki oleh seorang blogger.

Dalam artikel ini level blogger yang saya maksudkan bisa dikatakan sudah termasuk "seleb" blog, meskipun tidak menutup kemungkinan juga blogger pemula memilikinya.
Bukan hanya kemampuan dalam bidang menulis, namun bidang-bidang lain yang mungkin tidak pernah lo sadari udah dimiliki. Apa saja itu? perhatikan point demi point berikut ini:
1. Mengenal pemrograman web.
Tidak sedikit blogger yang saya kenal cukup lihai dalam pemrograman web. Terutama dari kalangan blogger pengguna WordPress. Alasannya engine publikasi WordPress disediakan dan dapat didownload secara gratis sehingga semua blogger bisa memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan.
Dengan dukungan dokumentasi yang lengkap serta komunitas pengguna yang sangat banyak, CMS WordPress sebenarnya tidak sulit dipelajari. Bukti nyata dapat dilihat dari banyaknya dukungan plug-in yang dibuat oleh sesama blogger.
Mengenal pemrograman web yang saya maksud disini bukan berarti harus ngerti setiap baris kode yang digunakan. Minimal lo harus tau mana itu skrip JavaScript, HTML, atau PHP yang ada pada suatu file.
Kemampuan lo dalam mengenal pemrograman web dapat turut membantu kegiatan blogging, misalnya untuk membuat fitur-fitur baru pada blog.

2. Mengenal Desain Web.
Untuk seorang blogger istilah theme sudah tidak asing lagi. Di Internet banyak bertebaran theme untuk Blogspot dan Wordpress yang disediakan secara gratis. Siapa yang membuat? Ya seorang blogger dong masa mba jambrong??*wakakkaka..:D.
Blogger manapun pasti ingin agar blognya terlihat unik dan menarik, dan pastinya tampilannya tidak sama dengan blog milik orang lain.
Maka blogger yang mampu menggunakan aplikasi grafis tentu memanfaatkan kemampuannya untuk mendesain sebuah tema.
Dalam mendesain tema sebuah blog bukan hanya kemampuan menggunakan aplikasi grafis yang diperlukan, pemahaman tentang CSS (Cascading Style Sheet) juga mutlak. Tidak perlu pengetahuan yang cukup dalam untuk mendesain blog lo sendiri. Kalau lo pernah mencoba mengganti warna atau jenis huruf yang digunakan dalam sebuah desain tema blog, ini sudah termasuk dalam desain web.
Karena pemilihan warna dan jenis huruf termasuk dalam elemen desain web.

3. Fotografi.
Blogger yang sering berpetualang ke banyak tempat, biasanya tidak akan lupa mengabadikan momen menarik dengan menjepretnya menggunakan kamera digital.
Baik fotografer amatir maupun profesional, tidak segan-segan untuk memamerkan hasil karya mereka melalui blog. Kadang-kadang sebuah foto memang diperlukan ketika membuat sebuah artikel untuk blog.
Misalnya, ketika bencana tsunami atau banjir melanda negeri kita, foto-foto hasil jepretan kamera digital maupun Hp yang memuat gambaran bencana alam tersebut banyak bertebaran di blog lokal.
Dengan semakin sering menggunakan kamera digital tidak menutup kemungkinan seorang blogger dapat memasuki lahan bisnis baru. *jadi fotografer misalnya..:D

4. Memahami Unix/Linux.
CMS untuk blog kebanyakan menggunakan bahasa pemrograman PHP & MySQL yang gratis dan open source. Saat memilih hosting yang sesuai untuk blog, pilihan utama sistem operasi yang digunakan langsung jatuh kepada Unix/Linux.
Jadi mau tidak mau kita perlu memahami karakteristik sistem operasi tersebut untuk dapat menggunakannya. Misalnya Windows menganggap huruf besar dan kecil sama saja, sebaliknya Unix/Linux menganggap huruf besar dan kecil sebagai karakter yang berbeda.
Maka kita tidak bisa memberikan sembarang nama untuk file yang dihosting pada Unix/Linux. Misalnya Dhinata.php berbeda dengan dhinata.php.
Banyak blogger pengguna hosting Unix/Linux juga memahami perintah-perintah dasar Unix/Linux. Dengan memahaminya, kita dapat mengelola blog secara remote melalui telnet atau SSH.
Misalnya untuk mengedit kesalahan pada file teks langsung pada server dengan menggunaan teks editor.

5. Memahami Cara Kerja Mesin Pencari.
Google, Yahoo, dan mesin pencari lain punya algoritma serta kebijakan tersendiri dalam meng-index sebuah website. Tidak ada orang lain manapun yang tahu bagaimana cara kerja mesin pencari yang sebenarnya kecuali karyawannya.
Namun berbeda dengan seorang web designer dan web programmer, kebanyakan blogger tahu cara ampuh agar blog mereka memiliki posisi yang bagus dimata mesin pencari. Maksudnya blog mereka berada dalam halaman 1 atau 2 pada hasil pencarian untuk kombinasi kata kunci yang mereka bidik.
Istilah seperti SEO (Search Engine Optimization), backlink (tautan balik), link farm (peternakan atau ladang link), SERP, dan masih banyak lagi merupakan kata-kata yang sudah tidak asing lagi diantara blogger.
Khususnya blogger yang menjalankan bisnis online. Kalau dicoba googling keterangan dari istilah yang saya tulis tadi, sebagian besar hasil yang muncul akan mengarah ke sebuah blog.
Keuntungan dari pemahaman terhadap cara kerja mesin pencari adalah arus trafik jumlah pengunjung blog kita bisa mengalir dengan deras tanpa harus mengelurkan biaya tambahan untuk promosi.

Kemampuan yang saya tulis diatas memang tidak mutlak harus dimiliki oleh seorang blogger. Bisa jadi mungkin hanya satu atau beberapa point saja yang lo punya. Kalau lo punya satu atau lebih dari antara point yang saya sebutkan,
kembangkan terus dan gali potensinya. Ikuti terus setiap kemajuan perkembangannya. Dengan memilikinya lo bisa jadi seorang blogger yang memiliki nilai lebih.

cmiwww...^^
by. muhamad akbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar