Rabu, 05 Juni 2013

jenius bukan dari genetika

gw masih inget banget perjalanan panjang gw hingga bisa jadi kayak sekarang ini.
banyak banget pengorbanan dan usaha yang mesti gw lakuin, kalo cuma begadang sih sering banget, bahkan seinget gw pernah ga tidur sampai 2 hari gt.. *feel'slikezombie*

gw pingin cerita tentang bagaimana menjadi orang yang tidak sia-sia..
sia-sia dalam menghabisakan masa muda..
sia-sia dalam memanfaatkan kesempatan..
sia-sia dalam menjalani kehidupan..

"wahhh.. berat..berattt.. postingan lo kali ini kayaknya dalem banget nih moeak?"

ga dalam2 banget kok, cuma sedikit berbeda dengan psoting yang terdahulu.. (maklum kan gw juga udah tambah dewasa jadi harus berkembang juga dong bahan tulisannya).


back to topic!
sekarang gw sedang di ruangan kerja kantor, abis ngecek saldo tunggakan, abis ngecek keluhan pelanggan, abis baca email gangguan penyulang dan rutinitas pagi yang lain..
yap! sekarang gw dipercaya untuk me-manajeri sebuah rayon di area jember, masih tetap di perusahaan listrik negara yang gw cintai ini.

masih inget dua tahun yang lalu? gw mulai perjalanan karir masuk diperusahaan ini sebagai pegawai OJT di malang, tepat tanggal 1 juli 2011 gw diangkat menjadi staff di rayon dinoyo. Ga lama setelah itu, desember 2011 gw di percaya untuk menjadi PLH spv teknik rayon dinoyo area malang.

mulai deh cerita pendewasaan gw..
pas jadi spv teknik dinoyo gw mulai belajar bagaimana caranya untuk memanajmen hidup.. mulai dari memanajemen teman2 pelaksana teknik sampai dengan memaksimalkan waktu gw untuk program kerja, bermacam2 laporan dan kegiatan OPI area, belum lagi kalo ada gangguan penyulang atau trafo gw harus selalu standby dan memonitor penyelesaiannya. gw rasa jadi spv teknik di rayon dinoyo menguras 70% waktu kehidupan gw saat itu.

setelah gw di "hajar" di dinoyo selama 3 bulan, gw dapat surat tugas lagi buat pindah jadi PLT spv teknik rayon malang kota, mulai maret 2012 gw berangkat ke rayon kota.

lain di dinoyo.. lain di kota..
kebetulan gw dulu OJTnya udah di malang kota, jadi untuk sistem plus jaringan sedikit banyak udah bisa gw pelajari dengan cepat. di rayon malang kota yang jadi masalah utamanya karakteristik pelanggan yang kritis dan kondisi trafo yang memiliki beban full alias over. serta ditambah kerjaan gw di OPI jadi lebih banyak karna gw di haruskan untuk mendrive area malang secara keseluruhan untuk jadi juara di OPI award 2012.
gw mulai ga bisa banyak tidur, liburan tetep ke kantor, sering ke luar kota buat ngajar dan rapat OPI.. lumayan banyak deh kegiatan di luar kerjaan rutin..

setelah kurang lebih 9 bulan di kota, gw diberi kepercayaan buat jadi manajer rayon.. yap! manajer rayon.., yang kalo dirata2-in staff perusahaan ini bisa jadi manajer rayon butuh waktu waktu 7tahun'an, dan gw bisa dalam 1.5 tahun (gw angkatan tercepat se-jawatimur yang jadi manajer).
mungkin banyak yang bilang "kok bisa jadi manajer rayon dengan waktu secepat itu?"
jawabannya simple.. HARDER.. BETTER..FASTER...STRONGER...

harder = bekerja lebih dari orang lain..
better = harus bisa jadi yang terbaik
faster = cepat tanggap dan mampu berpikiran dua level ke atas
stronger = tangguh dan siap menghadapi tantangan

sekarang gw di rayon kencong (rayon gw sendiri *hehe*) lagi berusaha untuk belajar tentang manajemen rayon yang baik dan tetap harus bisa membuat kinerja rayon kencong menjadi lebih baik untuk kedepannya.

semoga dengan kesempatan baru dan tantangan baru ini gw bisa terus maju dan bisa membuka kesempatan yang baru lagi buat gw..

jenius bukan dari genetika
(berusaha dan tetap berdoa)

bismillahirohmanirahim..
(semoga cerita ini bisa menginspirasi lo semua....)

8 komentar:

  1. Target akhir hrs jd Direktur PLN bang,,,
    ato lbh nanti :)

    BalasHapus
  2. haha..:D
    kencong itu suatu kecamatan dipinggiran selatan dari kabupaten jember..

    BalasHapus
  3. hebat..! jawa timur memang mem-blow up anak muda. this is ur chance bro...salut!

    BalasHapus
  4. makasi mas gan, aku tunggu disini mas gan.
    mari kita membangun lagi "kejayaan" seperti dulu.
    *bighug*

    BalasHapus