Selasa, 02 Maret 2010

trik menyelesaikan rubik 3 x 3

1. Menyusun Rubik Lapisan Pertama  
Untuk langkah ini saya anggap kamu sudah bisa, jadi tidak perlu penjelasan yang detail.

[ Perhatikan lapisan paling atas sewarna. ]

2. Sisi Lapisan Kedua
Baliklah posisi rubiks sehingga lapisan pertama (warna putih) berada di bawah.
Ada 2 kondisi berbeda dengan langkah yang juga berbeda.
Kondisi I :
Langkah-langkahnya:







Kondisi II :
Langkah-langkahnya:







Jika kedua kondisi di atas tidak terpenuhi, jalankan salah satu langkah di atas, maka dengan sendirinya akan kamu dapat susunan warna yang memenuhi salah satu kondisi.
Ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali sampai tersusun Lapis Kedua seperti gambar di bawah ini.
[ Perhatikan, 2 lapisan bawah telah sewarna. ]
  
3. Mancing Ikan
Yang saya maksud ‘Mancing Ikan’ adalah menyusun warna seperti bentuk ikan pada permukaan paling atas.





Jalankan langkah ini beberapa kali sampai tersusun warna (biru) pada permukaan paling atas seperti gambar di bawah ini.
[ Pemula biasanya akan mengulangi langkah ini sampai sekian 'banyak' kali untuk memperoleh 'ikan'. Namun jika sudah terbiasa, langkah ini cuma butuh 1-3 kali pengulangan. ]

4. Permukaan Atas  
Ada 2 kondisi berbeda dan dan masing-masing kondisi memiliki langkah yang berbeda pula.
Kondisi I :





Kondisi II :




Dengan menjalankan salah satu dari langkah ini, permukaan atas akan sewarna.

5. Sisi Lapisan Ketiga : Membentuk Warna Yang Sejajar Vertikal
Ketika permukaan atas sudah sewarna biasanya sisi lapis ketiga warnanya masih acak. Untuk itu, lakukan langkah ini untuk menyusun warna sisi lapisan ketiga.
Kondisi: [ Jika kondisi ini tidak terpenuhi, abaikan kondisi dan jalankan langkah ini, akan tersusun warna sesuai kondisi. ]







Langkah-langkahnya:






Setelah menjalankan langkah ini kamu akan mendapatkan susunan warna seperti ini.

7. Sisi Lapisan Ketiga : Penyelesaian
Kondisi I : [kebalikan dari kondisi II]





Kondisi II :

    








Setelah menjalankan langkah ini akan tersusun enam sisi sewarna.
 
cmiwww...
semoga bermanfaat..
kontributor ada disini

106 komentar:

  1. gmana kalau blajar ma aq aj. moek! hehe...
    kau sndri udh bsa moek??? hehe...
    *sombong mode on.

    BalasHapus
  2. eh jek, bukanx pas d kosan, kau punya cara yg lbih efektif tu ....

    BalasHapus
  3. @zul
    hahahha..:D
    ga ngerti2 aq belajar sama ko jul...
    bodo betul ko jadi guru..

    @anonim
    cara yang rubiknya di bongkar trus disususn satu2 lagi gt??
    hahahha..:D
    cara haram tuh mas...

    BalasHapus
  4. Coolll....baca trik dari kamu, aku jadi bisa nyelesein rubik...hehehe...thanx yuaaa...

    BalasHapus
  5. okey...
    selamat membaca..:D

    salam kenal ya..

    BalasHapus
  6. thx ya rumus kubiknya ^_^

    BalasHapus
  7. ini baru namanya Trik dari master pengajar yg top markotop......

    BalasHapus
  8. makasi ya boss..
    selamat membaca...
    :D

    BalasHapus
  9. thx bos rumus'y, gampang di pelajarin,,, jd bs maen rubik w skrg,,,?
    klo rumus rubik yg segitiga ada gax bos,,,,,,?

    BalasHapus
  10. oke deh..
    selamat mencoba..

    kalo yang segitiga ane belum punya...
    ntar deh, coba cari2 dulu..
    :D

    BalasHapus
  11. ichhh gmna cihh cranya pusinggg bget... cranya ada yg lbih simple gx sich??? klo yg itu pusiingg dech...

    BalasHapus
  12. kok pusing??
    dicobain aja pelan2, gampang kok..
    ini udah trik yang paling cepet...

    heheheh..:D
    selamat mencoba..

    BalasHapus
  13. yaampun.. aku ngga bisa masuk ke kondisi 1+2 di layer pertama !! ih pusing

    BalasHapus
  14. itu maksudnya tanda panah di puter 2 kaliii?

    BalasHapus
  15. cuma kurang usaha tuh..
    coba2 aja lagi, yakin pasti bisa deh..:D

    tanda panah yang mana ya??
    kalo yang diputer 2 kali cuma yang ada 180 aja, lainnya cuma diputer sekali..

    BalasHapus
  16. trims ya udah ngasih tahu gimana cara nya

    BalasHapus
  17. yup...
    tnx dah mampir yah...
    :D

    BalasHapus
  18. Mantapp gan ^^
    sipp...
    mampir" ya...

    BalasHapus
  19. tnx gan...
    siapp, segera melucur ke TKP..

    heheheh..:D

    BalasHapus
  20. mo tanya dunk...gmncie cara biar ada iklan diblogspot gt..! sama bikin banners gmn ya...!
    msh br blajar blogspot nie...hehehe...
    kl boleh cie..diajarin gt...hemz...

    BalasHapus
  21. mau pake iklan yang mana???
    coba daftar aja di kumpulbloger.com
    ntar ikutin registrasinya, ntr pasang deh bannernya..
    *gampang kok*

    BalasHapus
  22. RUMUS IKAN NYA GA KENA GELO SIA,!!!!!

    BalasHapus
  23. GELO LO RUMUS IKA GW COBA UDAH KIRA2 50 KALI LEBIH GGA BISA BISA ,, KALO PUN JADI ITU HOKI2 AN GELO SIA PEGEL AA TEH,,

    BalasHapus
  24. gw sebenernya males bales komen yang kykny gini..
    tapi gmn lagi.. emang lo aja bego'nya ga ketulungan..
    banyak kok yang udah bisa ngerjain..
    sepertinya otak lo belum pantes deh main rubik, coba ganti mainan yang lebih gampang aja..
    kyk lipat kertas, uler tangga, dll deh...

    heppi bloging...:D

    BalasHapus
  25. santai bos..
    coba aja terus, ntr juga ketemu triknya..
    hehehe..:D

    BalasHapus
  26. mantab.... dah bisa. makasih ya....puassss deh sekarang

    BalasHapus
  27. sipp...
    lanjutkan gan..!!!

    hehehe..:D

    BalasHapus
  28. kok ane tetep ga ngerti ya gan??

    BalasHapus
  29. dibaca lagi aja gan...
    yag teliti, ntr juga bisa kok..
    :D

    BalasHapus
  30. haduhh...
    ko ga jadi" ya ???
    pusing sayah
    knpa gambar kondisinya hitam-putih g dikasih warna aja .
    hehe... ^_^

    BalasHapus
  31. saya baru sadar...
    ternyata susunan rubik punya saya beda dengan susunan rubik seperti gambar di atas...
    punya saya PUTIHnya berlawanan dengan KUNING
    sedangkan dari gambar di atas Kuningnya berada di samping Putih, ga berlawanan seperti punya saya .
    Jadi gmn donk ???

    BalasHapus
  32. hahah..:D
    gambar langkah2nya itu kan udah bisa dikira2 yang mana warnannya..

    kalo masalah susunan warna rubik yang beda, ya gampang aja..
    km coba lakukan perintah diatas sesuai warna rubik kamu aja,*menyesuaikan aja*

    SELAMAT MENCOBA..:D

    BalasHapus
  33. klo ga langsung rumus ikan gmn?

    BalasHapus
  34. maksudnya gmn nih??
    emang sih posisi mancing ikan itu susah didapatin, tapi kalo di coba2 terus ntar lama2 gampang kok..

    try it..:D

    BalasHapus
  35. oy oy mas...

    masalah saya tetep di lapis ke dua.. yang lain udah sewarna, tapi tinggal dua warna lagi.. ternyata warna yg ilang itu ada disebelahnya.. gimana tah mindahinnya??? *misal: yg merah lapis dua adah tinggal satu blok lagi. ternyata si merah itu ketuker tempatnya ama yg ijo. jadi merah ada di ijo, ijo ada di merah.. gmn tuh??

    trus kalo cuma tinggal yg tinggal satu warna lagi gimana??? T___T

    tolongin masss,, saya mentok disitu terus.. @__@

    makasih banyaakk.. :D

    BalasHapus
  36. waduh ribet juga nih..
    harus ngebayangin posisi rubik kamu..
    mmmm...
    *mikir tiga hari tiga malem*

    kykny lapis pertama kamu masih salah deh, yang putihnya itu pinggir2nya udah sama semua belum??
    kalo kriteria itu sudah dipenuhi, harusnya buat lapis ke dua ga ada masalah,..
    paling nanti buat bikin mata ikannya baru agak ribet...
    gitu ya intan...

    selamat mencoba...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalankan cara di lapis k dua aja d slh satu yg anda mau kluarkn nnti 1x jln aj lng sung kluar ko.

      Hapus
  37. wess....
    keren banget nih trik nya....
    gampang dimengerti...
    padahal sebelomnya ane ga bisa...
    pas ikutin step2 nya, sekarang udah bisa deh....
    thx banget yaaa....!!!

    BalasHapus
  38. sipp..
    tnx ya boss...
    selamat mencoba..
    :D

    BalasHapus
  39. siiiip....lah!
    lancar.....!

    BalasHapus
  40. Tetep Ga ngertiii...
    Tau nya cuma mpe satu warna doank..
    Setelah itu ga tau lagi caranya...

    Mohon dibuat lebih Detail Lagi donk..

    BalasHapus
  41. waduh..
    menurut saya itu sudah detail kok..
    buktinya sudah banyak yang bisa..
    silakan dicoba lagi ya..

    makasi udah mampir..
    :D

    BalasHapus
  42. berhasil..!!
    thanks y
    tp kok susah y diapalinnya
    kan gak lucu kalo tiap mo maen rubik kudu buka contekan
    :D

    BalasHapus
  43. ya ntr kan lama2 hapal juga..
    di mainin terus aja..
    heheh..:D

    BalasHapus
  44. kak
    gmbar rmus x kan dha yg htam ptih

    q msih gagk ngerti
    bsa dijlasin gagk kak ?

    BalasHapus
  45. nyoba lagi make base ijo
    dan... berhasil lagi..!!
    timingnya lebih cepet drpd pas pertama nyoba \(^.^)/
    ikannya jg jd lebih cepet nemu
    tapi tetep... masih hrs liat contekan >.<
    aniway thanks lagi yak...
    :)

    BalasHapus
  46. dear anonim..
    tuh kamu tanya aja sama rei..
    dy udah jago..:D
    dear rei..
    eh,km punya FB (emailny apa??) sini gw add, lumayan buat nambah2 temen..:D

    BalasHapus
  47. thanks for accepting my friend request ^_^

    BalasHapus
  48. wah keren,, stlah browsing2 cara slesaein rubik dmn2, cara ni paling gmpang..
    ptama sih emang bingung liat ptunjuk gmbarny tp biz perhatiin langkah2ny bbrapa kali q lngsung bs slesaein rubikq cm bbrpa mnit..
    mksi mas...

    BalasHapus
  49. sipp...
    makasi ya udah mampir..
    semoga ilmunya bermanfaat..

    :D

    BalasHapus
  50. Beri aku waktu 5 menit.. (Ta' copot stikernya, baru susun lagi sesuai dgn warnanya) Selesai deh...wkwkwk

    BalasHapus
  51. cerdas!!
    solusi tercepat buat yang masih newbie..
    heheh..:D

    BalasHapus
  52. postingan "COPAS"

    BalasHapus
  53. COPAS??
    iya kan udah gw kasih tau kontributornya tuh..
    ada linknya lagi...

    emang knp??

    BalasHapus
  54. ada videonya g??
    langsung buat tpi perlahan2...
    g perlu jelasin

    BalasHapus
  55. sorry ga punya..
    tapi kalo pingin nyari, bisa cari di youtube..
    banyak bgt tuh..

    makasi udah mampir..:D
    letsGOBLOG!!

    BalasHapus
  56. ku mah jadiin rubik
    dicopotin 1x1

    BalasHapus
  57. hahaha..:D
    ide bagus tuh...

    cara cepat tanpa mikir...
    makasi udah mampir ya..
    :D

    BalasHapus
  58. tanks triksnya gue jadi bisa ngajari cewek gue.........................!!!!!!!!

    BalasHapus
  59. sipp..
    makasi udah mampir ya boss..
    :D

    BalasHapus
  60. thx boss!!!tp gak bakat mancing ikan, jadine luama dapet ikane..hehe

    BalasHapus
  61. sampek botak meker nyelesekno rubik.......
    pusing kepala

    BalasHapus
  62. hahha..:D
    santai boss..
    ntr lama2 juga biasa kok..":D

    BalasHapus
  63. gambarnya kok nggak bisa di tampilin?????????????

    BalasHapus
  64. tampil kok..
    coba cek koneksi ato ganti browsernya..
    tnx..:D

    BalasHapus
  65. gambar kondisi ga bisa muncul..

    BalasHapus
  66. coba di cek lagi...
    *maaf kemarin memang terjadi kesalahan hosting gambar, tapi saat ini masalah tsb sudah bisa diatasi*

    selamat mencoba..
    muhamad.akbar

    BalasHapus
  67. wah jadi keren banget.... thanks

    BalasHapus
  68. aq dah jalanin semua petunjuk, tapi hasilnya, pada lapisan ketiga warna atas sudah sama, tapi tinggal sudut2nya yg masih ngacak. Gmn solusinya nech?!

    BalasHapus
  69. langkah terakhirnya bingungin k...
    gmn sich???

    BalasHapus
  70. waduh kalo gt saya ngga bisa bantu..
    harusnya kalo ngikutin langkah dari awal, ga ada masalah kok..

    untuk langkah terakhirnya gampang aja, yang penting harus tau kondisinya arah kekanan atau ke kiri..

    terimakasi..

    BalasHapus
  71. weh sama banget itu trik nya check aja di http://www.azizyusron.com/uncategorized/cara-menyelesaikan-rubik ngambil dari situ ye

    BalasHapus
  72. iya bos..
    kan di bawahnya udah gw tulis kontributornya..

    lo ga baca ye??

    *btw, tnx udah mampir*
    :D

    BalasHapus
  73. kurank jlasssssssssss!!!!!!!!!!!!! krank da videonyaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  74. kalo videonya bisa nyari sendiri di youtube boss..
    tnx udah mampir..
    :D

    BalasHapus
  75. gan...
    aq gag tw nyusun rubrik lapisan pertama, diriku seperti anak yg baru belajar berjalan dan perlu tuntunan parents (halah)..
    mbok yah, postinganna jngn setengah-setengahlah, tar diriku gag bisa berjalan bwahahahahahahahhaha..
    thnks

    BalasHapus
  76. jiahh...
    masa yang lapisan pertama aja masih blm bisa..

    mmmm... *mikir 3hari 3 malem*
    kalo di bikinin disini kelamaan..
    km coba googling aja yah..
    heheh..:D

    *kabuurrr... tidak bertanggung jawab*

    BalasHapus
  77. mantaaaappp bosss..

    gw skarang udh lumayan mahir nyusun rubik, cm liat trik diatas.

    pokoke sipp lah..

    tq.

    BalasHapus
  78. woy gw tg ke tujuh nggak bisa gmana nih ?

    BalasHapus
  79. @anonim1
    sipp boss..
    selamat deh kalo udah jago..
    :D
    @anonim2
    usaha lagi aja bos..
    udah banyak yang bisa tuh..

    BalasHapus
  80. Qu cuman 1 bisa
    bagaimana nieeeee

    BalasHapus
  81. baru sampe lapis 1??
    mmm.. harusny kalo ngikutin caranya diatas bisa kok..

    di coba lagi aja ya..
    :D

    BalasHapus
  82. Suwun gan, triknya. Kalo ada yg rubik snake, posting juga dong foto2nya....

    BalasHapus
  83. ok2, nanti saya coba carikan..

    BalasHapus
  84. mantab bro tutorialnya. Salam hangat buat para kuber

    BalasHapus
  85. kalo ga ada warna kuning ma aja ya boss. gampang nya ganti warna apa ya?????

    BalasHapus
  86. aduh maksud nya cara yang ke dua itu gimana sih ??? dah berkali kali tapi ga cocok2 mas

    BalasHapus
  87. untuk no 5 saya ada rumus yg lebih simpel bos

    BalasHapus
  88. gan, untuk rubik segitiga bisa gk??

    BalasHapus
  89. kenapa mancing ikan tu .. kalo udah biasa jadi cepat?? ap beda nya sama yg pemula?

    BalasHapus
  90. Tq boss.... jadi makin cepet neh . . . :D

    BalasHapus
  91. horeee...akhirnya aq bsa.. thanks ya tipsnya,,,

    BalasHapus
  92. Trik apaan ini... Gw ikutin puter kiri puter kanan.. Sambil mata tetep di layar tangan puter qubik ke kiri puter ke kanan.. Zzzzzzzz tau tau warna nya tersusun rapi semua.. ^_^... Tq gan trik nya..

    BalasHapus
  93. gan , tinggal trick yang terahir tuh setiap gue coba hasil nya jadi acak acakan ituu-__-

    BalasHapus
  94. putar ke kiri ee,, nona manis putarlah ke kiri, ke kiri, ke kiri, ke kiri dan ke kiri, ke kiri, ke kiri, ke kiri manis ee.....
    Sekarang kanan ee,, nona manis putarlah ke kanan, ke kanan, ke kanan, ke kanan dan ke kanan, ke kanan, ke kanan, ke kanan manis ee.....

    BalasHapus
  95. Komentnya Anonim gua pling doyan tu...koment2 ngajak ribut..huahagaaha kocak abis...ni rubik yg gw punya tak injek injek...stresss kgak bisa2...

    BalasHapus
  96. Wah mantab gan,
    sebelumnya ane susah banget nih nyelesain 1 rubik saja, berjam-jam gak kelar-kelar.
    Btw, keep blogging, smile and blogwalking

    BalasHapus